Keutamaan Berqurban

Keutamaan Berkurban

Perintah untuk berkurban salah satunya terdapat pada firman Allah surat Al-Kautsar ayat 1-2, Allah memerintahkan kita semua untuk mendirikan sholat dan berkurban sebagai bukti rasa syukur kita kepada Allah Swt. atas nikmat – nikmat yang telah diberikan kepada hambanya.

Berkurban bukan hanya ritual menyembelih atau mengalirkan darah dari hewan sembelihan. Namun lebih dari itu juga, dengan berkurban kita dapat menjadikan hal tersebut sebagai ketundukan hamba terhadap perintah Allah Swt.

Tidak hanya itu, Rasulullah SAW pun bersabda tentang keutamaan qurban. Bahwasanya, qurban itu akan menyelamatkan pemiliknya dari kejelekan dunia dan akhirat. Beliau juga bersabda (yang artinya), “Barang siapa telah melaksanakan qurban, setelah orang itu keluar dari kubur nanti, ia akan menemukan qurbannya berdiri di atas kuburannya, rambut qurban itu terdiri dari belahan emas, matanya dari yaqut, kedua tanduknya dari emas pula. Lalu ia terheran-heran dan bertanya, ‘Siapa kamu ini? Aku belum pernah melihat sesuatu seindah kamu.’
Hewan itu menjawab, “Aku adalah qurbanmu yang engkau persembahkan di dunia sekarang. Naiklah ke alas punggungku”. Kemudian ia naik dan berangkatlah mereka sampai naungan Arasy, di langit yang ketujuh”

  • LDK UMMI Unikom
    Jalan Dipatiukur No. 112-116, Kota Bandung,
    Jawa Barat 40132
    Ikhwan: 0857-5216-2660
    Akhwat: 0858-8884-9172
  • Leave a Comment

    Name*
    Email*
    Website